TOGEL ONLINE

IKAN BATAK MAKANAN KHAS PARA RAJA BATAK YANG TERANCAM PUNAH


HARIAN TERKINI - Danau Toba ternyata menjadi satu-satunya habitat untuk ikan mempunyai nama latin Neolissochilus thienemanni.

Ya, sebab hanya dapat ditemukan di Danau Toba, wilayah lokasi orang Batak tinggal, ikan endemik itu dikenal dengan sebutan Ikan Batak.

Ikan Batak yang dinamakan ihan (Bahasa Batak) ini berasal genus Neolissochilus. 

Namun sayang, ikan ini sekarang terancam punah dan masuk dalam Red List Status di IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) dengan kode Ref.57073 semenjak tahun 1996.

Padahal, konon ikan ini ialah makanan semua raja-raja, di samping adalah penganan sesembahan untuk Tuhan (upa-upa) yang diserahkan oleh Hula-hula (pihak pemberi istri) untuk Boru (pihak penerima istri). 

Tujuannya, supaya si penerima mendapat berkat dari Tuhan berupa kesehatan dan panjang umur, mendapat tidak sedikit keturunan, dan gampang rezeki di harta. 

Dalam prosesi adat perkawinan, pemberian ini sebagai balasan pemberian makanan (tudu-tudu sipanganon) oleh Boru.

Dalam perkembangannya, sebab Ikan Batak ini susah ditemukan lagi, orang Batak tidak sedikit menggunakan ikan dari genus Tor (dekke Jurung-jurung) guna acara adat. 



Secara fisik, ikan-ikan genus Tor - laksana Tor soro, Tor douronensis, Tor tambra dan Tor tambroides - itu memang serupa dengan Ikan Batak yang pribumi (Neolissochilus thienemanni). 

Itu makanya tak heran bila tidak sedikit halak hita pun menyebut ikan-ikan itu dengan sebutan Ikan Batak.

Berbeda dengan Ikan Batak yang asli, Ikan Batak bergenus Tor ini masih tidak sedikit dijumpai di Sunda (Ikan Kancra), Jawa (Ikan Tambra), Kalimantan (Ikan Sapan), Sumatera Selatan (Ikan Semah), dan bahkan hingga Malaysia (Ikan Mahseer atau Kelah).

Nah, dekke Jurung-jurung ini belakangan pun semakin langka dan mahal harganya, sampai-sampai orang Batak sekarang tidak sedikit menggunakan ikan mas (genus Cyprinus) guna* acara adat. 

Sebab apapun ikannya, acara adat mesti tetap terlaksana dan arsik ialah bumbunya..hehe


IKAN BATAK MAKANAN KHAS PARA RAJA BATAK YANG TERANCAM PUNAH IKAN BATAK MAKANAN KHAS PARA RAJA BATAK YANG TERANCAM PUNAH Reviewed by Unknown on December 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.