TOGEL ONLINE

MENGENAL IKAN GABUS



HARIAN TERKINI - Di distrik yang mempunyai perairan, laksana sungai, rawa, parit dan danau, masih tidak sedikit ikan yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber protein. Salah satunya ikan gabus (Channa striata) yang sudah tidak sedikit dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini gampang hidup di perairan yang belum ternoda oleh pestisida. Di alam ikan gabus ialah ikan predator, pemangsa ikan kecil, serangga, anak katak (berudu), keong, cacing dan jenis fauna air lainnya.

Ikan ini menyebar luas dari Asia Selatan, Tiongkok unsur selatan sampai wilayah Asia Tenggara, tergolong Indonesia sebelah barat. Di Indonesia, tidak sedikit nama lokal guna ikan ini laksana bocek (Riau), aruan, haruan (Melayu), kocolan (Betawi), bogo (Sunda), bayong, bogo, licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), kabos (Minahasa). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama laksana common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan pun aruan.

Ikan gabus dewasa bisa berkembang sampai mencapai panjang satu meter. Berkepala besar agak gepeng serupa kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat memanjang dengan sirip membulat di ujungnya. Sisi atas tubuh dari kepala sampai ke ekor berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan, dengan sisi bawah tubuh putih. Sisi samping bercoret tebal serupa lingkungan sekitar. Mulut besar dengan gigi besar dan tajam.

Ikan gabus mempunyai semacam organ labirin (seperti pada lele atau betok), tetapi lebih primitif yang serupa sistem pernafasan amfibia. Kemampuan ini mengakibatkan ikan gabus memiliki keterampilan adaptif terhadap lingkungan yaitu beralih* atau mengubur diri dalam lumpur ketika perairan mengering. Acapkali dijumpai ikan gabus ‘berjalan’ di daratan, terutama pada malam hari ketika musim kemarau, menggali tempat beda yang masih berair.

Ikan gabus dan kerabatnya termasuk fauna Dunia Lama, yaitu dari Asia (genusChanna) dan Afrika (genus Parachanna). Di Indonesia terdapat sejumlah spesies Channa. Salah satu kerabat dekat gabus ialah ikan toman(Channa micropeltes), yang panjang tubuhnya bisa melebihi satu meter dan beratnya lebih dari 5kg.

Baca Juga : Manfaat Ikan Gabus Buat Kesehatan
MENGENAL IKAN GABUS MENGENAL IKAN GABUS Reviewed by Unknown on January 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.