TOGEL ONLINE

LEMANG PERIUK KERA, JAJANAN MALAYSIA YANG DIBUAT DENGAN TANAMAN KARNIVORA


HARIAN TERKINI - Lemang merupakan salah satu panganan khas Melayu yang berbagai versinya bisa ditemui di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kalau di negara kita lemang biasa terbungkus daun pisang, di Malaysia ada lemang yang dimasak bersama tumbuhan karnivora.

Lemang periuk kera merupakan salah satu jajanan khas yang biasa ditemui pendaki dan pelancong di Kota Kinabalu. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan santan yang ditanak. Pembungkusnya adalah bunga kantong semar yang di Malaysia dikenal dengan nama periuk kera.


Periuk kera merupakan salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditemui di hutan Kinabalu, Kalimantan. Tanaman ini dikenal karena kemampuannya dalam menjebak serangga dengan aroma dan getah lengket.


Pada dasarnya, kantong semar memang aman untuk disantap. Beberapa jenis yang lebih lunak bisa langsung dikunyah bersama lemang. Sementara kantong semar yang lebih keras hanya berfungsi sebagai pembungkus. Jadi lemang harus dikupas terlebih dahulu sebelum disantap.


Untuk membuat lemang periuk kera, kantong semar dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu diisi dengan beras ketan dan santan. Baru ditanak hingga matang. Setelah itu, lemang bisa disantap langsung atau dijadikan teman makan olahan daging.

Para pedagang makanan ini biasanya punya resep tersendiri. Ada yang menambahkan kacang atau daun pandan. Ada pula yang dibumbui dengan terasi udang.
LEMANG PERIUK KERA, JAJANAN MALAYSIA YANG DIBUAT DENGAN TANAMAN KARNIVORA LEMANG PERIUK KERA, JAJANAN MALAYSIA YANG DIBUAT DENGAN TANAMAN KARNIVORA Reviewed by Unknown on January 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.